Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Seminar dan Workshop

Seminar dan Workshop

Alumni

Alumni

Fasilitas Modern

Fasilitas Modern

Fasilitas Lengkap

Fasilitas Lengkap

Classical

Classical

 

Pengembangan Marketing Online Bagi UKM Se-Jateng

Pengembangan Marketing Online Bagi UKM

Pengembangan Marketing Online Bagi UKM

Fakultas Ilmu Komputer UNAKI bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah menyelengarakan Workshop Pengembangan Marketing Online Lanjutan Bagi UKM Provinsi Jawa Tengah. Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Harries Arizonia S.E., M.M., M.Kom tersebut berlangsung  di kampus UNAKI Jl. Imam Bonjol 15-17, baru-baru ini.

Dalam sambutannya, Dr. Harries Arizonia S.E., M.M., M.Kom menyampaikan selama ini Unaki sering bekerjasama dengan Instansi  Pemerintah maupun swasta dalam pengembangan sumberdaya manusia dalam bentuk pelatihan dan workshop.  Untuk workshop kali ini merupakan kelanjutan dari kegitan tahun sebelumnya  tentang  marketing online.  Setiap pelaku bisnis tentunya sedang mencari cara, pemasaran seperti apa yang lebih efektif dan efisien, salah satu solusinya yaitu dengan marketing online. Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membawa peluang sekaligus tantangan bagi ekonomi Indonesia.  Dengan di berlakukannya MEA negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masing-masing Negara, untuk itu UKM khususnya Jawa Tengah harus siap dalam menghadapi tantangan tersebut dan harus selalu berinovasi baik produk maupun strategi pemasaran salah satunya melalui marketing sistem online.

Agung Budi Darmawan, SH, MM, dari Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada Unaki selaku mitra dalam pengembagan UKM Jawa Tengah yang periode ini sudah memasuki tahun ke-empat, semoga kegiatan ini bisa memberikan akselerasi dalam pengembagan eksport di Jawa Tengah.

Dalam kegiatan yang berlangsung 2 hari, diikuti peserta dari 30 Kabupaten Se-Jawa Tengah merupakan kelanjutan dari workshop tahun sebelumnya. Untuk peserta tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan itupun tidak semua bisa menjadi peserta workshop karena keterbatasan kuota. Kebanyakan mereka puas dengan pelaksanaan workshop karena didampingi oleh instruktur-instruktur yang handal dan berpengalaman.

Materi workshop mengunakan tools yang mempunyai kemampuan dalam mengelola konten yang lebih dikenal dengan sebutan CMS (Content Management System). CMS merupakan sebuah aplikasi web memudahkan user dalam pengelolaan konten dalam sebuah WebSite. Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari WebSite tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.

Diakhir workshop para peserta sudah mahir mengelola website yang berisi produk-produk unggulan di daerah masing-masing. Dengan marketing online mereka sadar akan diperoleh banyak manfaat yaitu pelanggan dapat mengunjungi website kapanpun dan dimanapun, menjangkau pasar lebih luas, murah dan efisien, serta memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen.

Translate »
error: Content is protected !!!